5 Keutamaan Baca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Eramuslim – Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan di hari Jumat, salah satunya membaca Surat Al-Kahfi. Nah, apa saja rahasia keutamaan surat Al-Kahfi? Yuk simak.

Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 di Alquran dan terdiri dari 110 ayat. Al-Kahfi memiliki arti penghuni-penghuni gua.

Berikut lima keutamaan surat Al-Kahfi yang dirangkum detikcom:

1. Diterangi Cahaya

Berdasarkan hadist riwayat Ad Darimi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengenai keutamaan surat Al-Kahfi. Nabi Muhammad bersabda seseorang akan diberkahi cahaya antara dia dan Kakbah.

 مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.(Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

2. Terhindar Fitnah Dajjal

Terdapat rahasia besar saat seseorang menghafal ayat 1-10 Surat Al-Kahfi. Berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 809, dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).