367 Pencari Suaka Ditangkap Aparat Keamanan Hungaria Di Hari Pertama Larang Melintas Perbatasan

stasiun budapestEramuslim – Selasa 15 September 2015, pemerintah Hungaria menangkap sedikitnya 367 pencari suaka asal Timteng dan Afrika, setelah diberlakukannya peraturan penangkapan bagi siapa saja yang masuk ke wilayah Hungaria tanpa izin.

Dalam keterangan pihak kepolisian di wilayah selatan yang berbatasan langsung dengan Serbia menyatakan bahwa sebanyak 316 orang di dakwa dengan tuduhan merusak pagar perbatasan milik negara, dengan ancaman hukuman 3 hingga 5 tahun penjara.

Tercatat Senin (14/09) malam sebelum penutupan perbatasan dengan Serbia, pihak berwenang perbatasan mencatat ada sebanyak 9.380 pencari suaka yang melintasi perbatasan Serbia-Hungaria.

Selain ancaman penjara bagi para pencari suaka yang menerobos masuk wilayah Hungaria, PM Viktor Orban juga menyatakan akan menggunakan kekuatan tentara nasional untuk menghentikan arus pengungsi asal Timteng dan Afrika.

Perlu diketahui bahwa peraturan baru ini telah di umumkan PM Hungaria Viktor Orban dalam konferensi persnya di ibukota Budapest pada hari Jum’at 11 September kemarin, menanggapi semakin banyaknya para pencari suaka yang melintasi perbatasan selatan untuk menuju Austria ataupun Jerman. (Shorouk/Ram)