2 Warga Jepang Sabet Penghargaan Sheikh Zayed Book Award Ke-9

Sheikh Zayed Book AwardEramuslim.co – Senin 06 Maret 2015, satu orang warga Palestina dan 2 warga Jepang tercatat dalam sejarah menjadi pemenang dalam Sheikh Zayed Book Award ke-9 yang diselenggarakan di ibukota Abu Dhabi.

Dalam penghargaan karya seni dan sastra yang di umumkan pada hari Senin kemarin, jurnalis asal Palestina Osama Alissa menyabet penghargaan “Seni” atas novel fenomenalnya yang berjudul “Orang Gila Betlehem.”

Di bidang terjemah buku sastra Arab, warga jepang Hanawa Haaroo menyabet piala di ajang “terjemahan” atas karyanya yang menerjemahkan buku trilogi Naguib Mahfouz kedalam bahasa Jepang.

Sedangkan untuk penulis Jepang lainnya, Sugita Haadiaca, memenangkan penghargaan di bidang “Cultural Person of the Year” atas karyanya yang berjudul “Dampak dari Arabian Nights dalam budaya Jepang.”

Sementara itu di ajang percetakan terbaik yang membantu penyebaran ke ilmuan dan karya sastra Arab, penerbit asal Lebanon, Dar Al Arabiya Lil Ulum, berhasil menyabet penghargaan tersebut.

Sheikh Zayed Book Award adalah ajang penghargaan dari Uni Emirat Arab atas peran penulis Arab, intelektual, penerbit, serta para pemula dalam penyebaran karya sastra dan ke ilmuan Arab ke seluruh penjuru dunia.

Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan adalah presiden Uni Emirat Arab pertama sekaligus sebagai pendiri pertaman UEA yang berkuasa dari tahun 1971 hingga 2 November 2004. (Skynewsarabia/Ram)