2 Pesawat Pengangkut Obat-Obatan Terlarang Ditembak Jatuh Militer Venezuela

venezuela armyPemerintah Venezuela mengumumkan bahwa Angkatan Bersenjatanya telah menembak jatuh 2 pesawat yang menerobos masuk kedalam wilayah kedaulatan Venezuela, pada akhir pekan lalu.

Menurut juru bicara militer, “ini adalah insiden pertama kalinya di Venezuela, dimana pesawat ditembak jatuh oleh rudal anti-pesawat.”

Pemerintah mengklaim bahwa pesawat yang mengangkut obat-obatan dari Amerika Tengah tersebut telah melanggar batas wilayah dan menolak untuk mematuhi perintah untuk turun mendarat.

Wartawan BBC Will Grant mengatakan bahwa ” dua insiden ini mencerminkan upaya Presiden Venezuela Nicolas Maduro , untuk mencegah penyelundupan obat terlarang dengan pesawat melalui wilayah udara Venezuela.”

Presiden Maduro telah mengancam pada awal Oktober lalu, bahwa ” setiap pesawat yang memasuki wilayah udara Venezuela akan dipaksa untuk mendarat dengan aman, akan tetapi jika menolak akan langsung ditembak jatuh.” .

Kepala Pusat Operasi Strategis Venezuela, Jenderal Vladimir Lopez, dalam keterangannya di televisi pemerintah mengatakan bahwa ” dua pesawat ditembak jatuh setelah gagal untuk mendaratkan pesawat tersebut dengan aman, pada Sabtu pagi.” (bbcarabic/lndk)