15 Ribu Warga London Aksi ke Jalan Tuntut Akhiri Penjajahan Israel

 

Eramuslim.com – Sekitar 15.000 orang turut serta dalam demonstrasi mendukung Palestina di London pada Ahad, 16 April 2023. Para demonstran juga mengecam rezim zionis Israel.

Komisi Hak Asasi Manusia Islam, yang mengorganisir aksi tersebut, mengatakan sejumlah rekor menghadiri demonstrasi tahunan Hari Al-Quds Internasional yang berlangsung beberapa minggu setelah Masjid Al Aqsha diserang oleh pasukan Israel.

Mereka bergabung dengan jutaan demonstran lain yang terlibat dalam aksi serupa di seluruh dunia, dengan tujuan mendukung perjuangan Palestina dan mengutuk Zionisme.

Para pengunjuk rasa berkumpul di Home Office sebelum berbaris ke Downing Street di mana aksi demo berpusat. Aksi itu diisi berbagai orator dari latar belakang agama, non-agama dan politik yang berbeda.

Para orator mengecam sistem apartheid Israel dan penindasan yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina.

Huda Ammori adalah salah satu pendiri Palestine Action, yang protes aksi langsungnya memaksa penutupan beberapa situs milik produsen senjata Israel Elbit Systems di Inggris.

Dia berkata: “Hanya seminggu yang lalu kita menyaksikan serangan militer Israel dan menangkap 400 warga Palestina karena beribadah di Masjid Al Aqsa selama bulan suci Ramadhan. Mereka memukuli saudara-saudara kita dan kemudian mereka menyerang orang-orang Gaza, yang bahkan digambarkan oleh David Cameron… sebagai penjara udara terbuka terbesar di dunia. Ini adalah salah satu daerah terpadat di bumi di mana mayoritas orangnya adalah anak-anak, dan mayoritas orangnya adalah pengungsi yang telah mengungsi dari bagian lain Palestina.”

Farrah Koutteineh adalah pendiri KEY48, sebuah kampanye yang menyerukan hak segera kembalinya semua pengungsi Palestina.

Dia berkata: “Apa yang terjadi sekarang di Palestina tidak dimulai Ramadhan ini atau Ramadhan terakhir, itu telah terjadi selama 75 tahun terakhir. Itu terjadi setiap hari bahwa koloni pemukim Israel telah ada dan Palestina akan terus menjadi korban kekerasan itu selama koloni pemukim Israel terus ada. Jika keberadaan Israel berada di atas puing-puing desa-desa Palestina yang telah dihancurkannya, dan penduduk asli Palestina yang telah dibunuhnya, maka Israel tidak berhak untuk hidup.”

Rapper politik Lowkey berkata: “Kita harus mengontekstualisasikan apa yang terjadi di Al Aqsa. Rezim Israel melalui Kementerian Kebudayaan dan Kementerian Pendidikan mendanai beberapa organisasi yang secara eksplisit berniat menghancurkan dua masjid di Al Aqsa dan menggantinya dengan sebuah kuil. Ini bukan rencana segera tetapi ini adalah sesuatu yang organisasi-organisasi ini telah kerjakan setidaknya sejak 2008…

“Kita harus realistis, tindakan ini tidak acak dan tidak irasional… jadi ketika Anda melihat orang-orang diserang dan berhenti beri’tikaf, yang sebenarnya terjadi adalah bahwa Israel membangun jalur aman bagi kelompok pemukim yang memiliki niat eksplisit untuk meruntuhkan struktur-struktur itu.”

Dan Massoud Shadjareh, ketua Komisi Hak Asasi Manusia Islam, berkata: “Saya tahu sebagian besar dari Anda berpuasa, tetapi ini adalah semangat yang kami butuhkan untuk memastikan bahwa kami melihat akhir dari kekejian ini, rezim apartheid Zionis ini. Sekitar 25 atau 30 tahun yang lalu jika Anda mengatakan bahwa rezim ini akan hilang, orang akan berpikir: ‘Apakah Anda serius?” Tapi sekarang semua orang tahu bahwa rezim ini sedang berjalan dan berada di kaki terakhirnya.

“Satu-satunya pertanyaan adalah apa yang akan kita lakukan untuk mewujudkannya segera daripada nanti? Dan juga mau diganti dengan apa? Kami ingin menggantinya dengan sistem bahwa Muslim, Kristen, Yahudi, semua orang, benar-benar bebas, dihormati, dan diberdayakan.”

Sementara itu, 20 orang Zionis mengadakan unjuk rasa tandingan kemarin, dengan satu pengunjuk rasa ditangkap.

Diprakarsai oleh Iran pada tahun 1979, Hari Al Quds Internasional adalah acara tahunan yang diadakan pada hari Jumat terakhir Ramadhan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini mendapat serangan dari para kritikus termasuk anggota parlemen Eropa yang ingin melihat acara tersebut dilarang.

Aktivis pro-Israel mengatakan pawai itu antisemit – tuduhan yang dibantah oleh penyelenggara dan peserta, termasuk agama Yahudi anti-Zionis.

Sejauh ini upaya untuk melarang prosesi di sini di London tetap tidak membuahkan hasil.

(Hidayatullah)

Beri Komentar