12 Ramadhan in History

Eramuslim – Tanggal 12 Ramadhan menjadi saksi meninggalnya seorang ulama fiqh kenamaan asal kota Baghdad, Irak. Berikut sejumlah peristiwa penting yang terjadi pada 12 Ramadhan:

Wafatnya Imam Ibn Al Jauzi

12 Ramadhan tahun 597 Hijriyah menjadi hari kelam dunia Islam, setelah seorang ahli tafsir, pendakwah dan ahli fiqh kenamaan Ibnu Al Jauzi wafat menghadap Allah Subhanahu Wata’ala.

Memiliki nama lengkap Abu al-Faraj ibn Abdul Rahman bin Abi Alhasan Ali bin Muhammad Al Qursy Attaimi Albakry lahir di kota Baghdad pada tahun 510 Hijriyah atau bertepatan dengan 1116 Maeshi adalah salah seorang tokoh penting dalam Madzhab Hanbali.

Salah satu karyanya yang terkenal oleh masyarakat Indonesia adalah buku berjudul Talbis Iblis, Minhajul Qashidin, dan Zad Al Masir.

Dinasti Thuluniyah

Di tanggal 12 Ramadhan 254 Hijriyah atau bertepatan dengan tahun 868 Masehi, Ahmad bin Thulun (lahir di Baghdad September 835 Masehi, meninggal di Mesir pada Maret 884 M) yang menjadi utusan khalifah Abbasiyah memasuki Mesir untuk pertama kalinya.

Awalnya Ahmad bin Thulun yang bertugas sebagai utusan dinasti Abbasiyah melakukan tugasnya seperti biasa, hingga akhirnya ibnu Thulun tertarik dengan Mesir dan malah mendirikan kekhilafahan baru dengan nama dinasti Thuluniyah yang terpisah dari dinasti Abbasiyah di Irak.

12 Ramadhan tahun 265 H atau bertepatan dengan 7 Mei 879 M juga menjadi hari bersejarah selesainya pembangunan Masjid Jami Ibnu Tulun di kota Kairo, Mesir.

Masjid ini dibangun selama tiga tahun lamanya dari tahun 876 sampai 879 Masehi, dan menjadikannya masjid tertua kedua di Mesir setelah Masjid Amr bin ‘Ash di kota Fustat. (Almasryalyoum/Ram)