10 Orang Tewas Dalam Bentrokan Sunni-Syiah Di Kota Tripoli, Lebanon

bentrok tripoli lebanonSebanyak 10 orang dilaporkan tewas akibat bentrok senjata di kota Tripoli, Lebanon, dalam kurun waktu dua hari terakhir antara warga Jabal Mohsen beraliran Syiah dengan warga dari BabTabanah beraliran Sunni.

Bentrokan dipicu konflik sekterian antara kaum Sunni dan Syiah Hizbullah Lebanon, akibat meletusnya perang saudara di Suriah.

Sebanyak 4 orang meninggal pada hari Minggu (01/11) akibat ditembak oleh sniper, dan dihari yang sama sebuah gedung di Jabal Mohsen runtuh setelah di bom oleh kelompok bersenjata.

Sebuah sumber keamanan setempat menjelaskan bahwa kontak senjata terjadi di perbatasan dua distrik yang di ikuti oleh ledakan keras di sebuah gedung.

Perang di Suriah meningkatkan kembali eskalasi bentrokan antara kedua belah pihak seperti tahun 1975-1990, dimana kelompok Syiah Alawi mendukung Presiden Bashar al – Assad, sementara pejuang oposisi didukung oleh kaum Sunni Lebanon yang menginginkan jatuhnya rezim Assad.

Tentara militer yang dikerahkan mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap empat tersangka dan menyita sejumlah senjata dari para tersangka. (skynewsarabia/lndk)