Disain dan RAB Renovasi Yang Hemat

Assalamualaikum wr. wb.

Pak Andan yang di rahmati Allah,
Saya memiliki sebuah rumah yang ingin di renovasi/ditingkat sehubungan dengan
semakin besarnya anak-anak saya (3 orang).
Renovasi yang saya inginkan adalah menjadi 2 lantai + lantai jemur di lantai 3 bagian belakang.
Terlampir gambar asli rumah dan gambar-gambar yang saya coba kumpulkan.
Lay out lantai 1 dan lantai 2 seperti terlampir. Sedangkan lantai 3/lantai jemur belum
saya dapatkan, termasuk tangganya apakah harus diatas tangga antara lantai 1 dan 2 atau
ada alternatif lain. Sedangkan atap saya inginkan seperti gambar terlampir sehingga diharapkan
bisa ada jendela kaca tambahan untuk masuknya cahaya.
Saat ini saya punya dana Rp. 150 Juta, mohon masukkannya, agar dengan dana yang
terbatas tersebut saya dapat membangun secara bertahap. Tahap awal yang saya inginkan
adalah lantai 1 tetap berfungsi seperti saat ini, sedangkan lantai 2 dan lantai jemur adalah jika
memungkinkan struktur utama dan dinding bagian luar/keliling dulu.
Apakah dana tersebut cukup untuk RAB ( Rencana Anggaran Biaya ) rumah kami ?

Saya coba lampirkan denah asli dari rumah kami :

 

Namun ada perbedaan sedikit dari denah asli developer tersebut. Di gambar denah carport ada di sisi kiri bangunan, sementara di rumah kami sebenarnya carport ada di sisi kanan. Hanya karena gambar developer adalah gambar massal yang dibuat sama pada semua rumah.
Demikian Pak Andan,  Atas bantuannya saya ucapkan banyak terimakasih.
Wassalamualaikum wr. wb
Nana Mulyana
Wa’alaikum salam wrwb
Pak Nana Mulyana yang saya hormati,
Dana yang ada sebenarnya sangat terbatas. Karena jika kita menggunakan harga per m2 sekarang yang berkisar 3 juta – an maka sudah tergambar dananya tidak cukup. Jika luas bangunan yang dikerjakan 100 m2 saja berarti sudah 300 juta-an budget yang harus disiapkan. Sementara dana yang ada baru setengah jalan.

Untuk itu saya mencoba untuk banyak berhemat disana sini.

Gambar eksisting  saya pertahankan. Mulai dari dapur, ruang tidur dan carport lama. Gambar sudah saya rubah, dengan posisi carport ada di sisi kanan. Hanya saja pada disain renovasi lantai satu ini saya buat ruang tamu khusus. Dengan mengorbankan ruang tidur di depan. Lalu di sebelah ruang tamu saya buat tangga untuk naik ke atas.
Hobi bengkel bisa disalurkan di area depan kamar mandi. Dengan carport yang cukup panjang maka masih ada sisa ruang yang cukup nyaman untuk membongkar mobil ataupun motor. Lalu pada area ini saya buat pintu khusus ke dapur. Hingga tidak mengganggu ruang tamu jika ada tamu yang datang berkunjung.
Tembok muka bagian luar tetap saya pakai. Insya Allah dengan cara ini akan lebih hemat dan lebih murah. Jika perlu kusen lama beserta pintu dan jendelanya tetap dipakai. Bahkan keramik lantai juga masih tetap dipakai. Karena dengan cara ini akan kita peroleh penghematan yang bersar.
Lantai atas bisa saya buat 4 kamar tidur. 1 ruang tidur utama  dan 3 ruang tidur anak. Jadi area atas benar – benar optimal. Seluruh sudut bangunan di manfaatkan untuk kamar tidur. Jadi tidak ada yang mubazir. Namun jika dianggap terlalu banyak, maka kita bisa membuat ruang tidur anak yang ke 3 menjadi ruang cuci jemur.
Netters eramuslim sekalian, Atap teras bisa sekaligus saya jadikan atap balkon. Agar terlihat lebih sederhana. Pola ini juga akan membuat disain menjadi simple dan lebih berkesan minimalis.Bersama aksen warna abu – abu dan pola garis – garis di dinding muka utama akan menjadikan rumah in tampil moedern dan trendi.
Ditambah dengan box di sisi kanan beserta pet beton jendela membuat tembok polos muka bangunan lebih berkesan variatif dan kaya ruang. Apalagi acian temboknya dibuat agak berbeda. Ditonjolkan ke luar dan dibuat menggantung sedikit ke bawah. Lebih indah menyambut pintu masuk dari arah carport.
Pak Nana, jika ingin berhemat, seluruh ruang atas tidak dibangun dulu. Namun seluruh atap sudah terbangun. Jadi pekerjaan finishing dalam mulai dari cat, keramik hingga plafond dan listrik belum ada. Tapi ruamh sudah tidak kehujanan. Insya Allah dana yang ada agak mendekati. Karena dengan konsep penghematan seperti ini saja paling tidak 200 juta -an dana yang harus disiapkan.
Semoga Pak Nana diberikan jalan keluar terbaik oleh Allah. Semoga Pak Nana diberikan kemuliaan dan pahala berlimpah karena bersabar serta berjuang memenuhi kebutuhan keluarga ini. Mari netters sekalian, kita doakan sahabat kita ini.
Demikian ide disain kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi netters sekalian, akhirul kalam,
Wassalamualaikum wr. wb
Andan Nadriasta, ST – [email protected]