Presiden Parlemen Eropa: Trump Selalu Punya Kambing Hitam, Tapi Tak Punya Solusi Kongkret

Uni EropaEramuslim.com – Presiden Parlemen Eropa, Martin Schulz, menegaskan Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) keduanya tidak siap menerima kepemimpinan Donald Trump karena kandidat dari Partai Republik itu tidak memiliki pengalaman internasional.

“Trump cocok dengan sebagian orang di sini. Dia selalu memiliki kambing hitam untuk semua isu, tapi tidak pernah memiliki solusi konkret,” kata Schulz kepada televisi Perancis, i-Tele, Sabtu waktu setempat atau Minggu (13/3/2016) WIB.

Ia menimpali, “Jujur saja, saya lebih memilih kandidat yang satunya lagi (calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton).”

Schulz yang juga tokoh dari partai Sosial Demokrat Jerman, adalah presiden parlemen yang dipilih langsung Parlemen Eropa. 751 anggotanya memiliki kekuatan untuk menyetujui, mengubah, atau menolak undang-undang yang menentukan nasib 28 negara anggota UE.

Adapun bilioner Donald Trump  adalah kandidat presiden dari Partai Republik AS yang dipersiapkan bertanding di pemilu November 2016. Pernyataan Trump kerap memancing kritik keras, seperti usulannya soal membangun tembok di perbatasan AS dan Meksiko serta larangan Muslim masuk ke AS.(ts/rn)