MER-C akan Berlayar ke Gaza

Walaupun perang 22 hari atas Gaza terjadi lebih dari 1.000 hari yang lalu, tidak berarti bahwa penderitaan warga Gaza sudah berakhir.

Blokade yang terus berlanjut, serta berbagai dampak langsung dari perang masih sangat membutuhkan perhatian dari masyarakat internasional.

Hal inilah yang mendorong MER-C Indonesia untuk bergabung bersama 41 negara lainnya bulan Mei ini, bersama berbagai NGO-di antaranya IHH, Free Gaza Movement, European Campaign to End the Siege of Gaza, Global Perdana Malaysia, dan komunitas akademisi Yunani- untuk berlayar menuju Gaza. Flotila ini akan membawa berbagai bantuan seperti bantuan obat-obatan, kursi roda elektrik, bahan bangunan, dan berbagai keperluan untuk sekolah.

Misi ini juga mengharapkan kehadiran para tokoh internasional untuk menjadi saksi mata atas dampak dari blokade dan perang terhadap tanah Gaza dan warganya.

Khusus bagi MER-C sendiri, flotila ini merupakan kesempatan yang tidak bisa dilewatkan, sehubungan dengan kebutuhan untuk menindaklanjuti rencana MER-C dalam membangun rumah sakit Indonesia di sebidang tanah di Gaza utara yang telah diwakafkan oleh pemerintahan Palestina di Gaza.

Alhamdulillah MER-C telah bertemu dengan berbagai NGO yang tergabung dalam flotila ini di Istanbul, Turki awal April lalu. IHH menjadi tuan rumah, mengadakan konfrensi pers dan telah menyediakan satu kapal penumpang berkapasitas 500 orang, serta satu kapal kargo bermuatan 3000 ton. Total kapal yang akan berlayar sampai saat konfrensi pers adalah 7 kapal laut.

Dengan ini MER-C mengundang kehadiran wartawan, tokoh nasional dan internasional Indonesia untuk bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari peristiwa bersejarah ini. MER-C akan mengupayakan pengadaan kursi (seat) bagi semua elemen yang siap untuk berlayar menembus blokade Israel menuju Gaza.

MER-C masih terus menerima donasi untuk misi ini, yang akan kami salurkan untuk bersama-sama melunasi pembayaran beberapa kapal yang akan berlayar.

Donasi dapat disalurkan melalui:

Bank Syariah Mandiri (BSM), Cabang Kramat
A.n. Medical Emergency Rescue Committee
No. Rek. 009.0121.773

Bank Central Asia (BCA), Cabang Kwitang
A.n. Medical Emergency Rescue Committee
No. Rek. 686.0153678

Semoga Indonesia dapat menjadi bagian penting dalam menunjukkan solidaritas terhadap warga Gaza.

Divisi Humas MER-C
Jl. Kramat Lontar No. J-157, Senen, Jakarta Pusat 10440
Telp/Fax: 021-3159235 / 3159256
Call Center: 0811 99 0176
Website: www.mer-c.org