Presiden Iran: Tolak Sistem Perekonomian Kapitalis

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengingatkan bahaya sistem perekonomian kapitalisme yang sedang disebarluaskan oleh AS dan sekutu-sekutunya. Ahmadinejad mengatakan, sistem perekonomian kapitalisme terbukti sebagai sistem perekonomian yang gagal. Untuk itu ia menyerukan pembentukan tata perekonomian dunia yang baru.

"Saya ingin mengatakan bahwa sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang salah. Sekarang negara-negara yang menganut sistem tersebut sedang berusaha memperbaharui sistem yang telah menyebabkan krisis ekonomi global itu," kata Ahmadinejad pada para wartawan saat kunjungannya ke Kazakhstan.

"Kita membutuhkan sistem finansial yang baru, sistem yang adil, yang merupakan sistem perekonomian yang riil," sambungnya.

Ahmadinejad menyatakan, kekuatan-kekuatan ekonomi dunia telah membebani masyarakat dunia dengan kesalahan sistem perekonomian yang mereka anut, yaitu sistem kapitalisme yang curang dan tak bermoral. Oleh sebab itu, Ahmadinejad menyebut krisis yang terjadi sekarang sebenarnya krisis moral dan bukan krisis finansial.

Pada kesempatan itu, Ahmadinejad juga menyatakan dukungannya terhadap ide Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev yang mengusulkan pemberlakuan satu saja mata uang dunia. "Usulan yang bagus. Kami memandangnya sebagai ide yang baik dan benar. Dunia membutuhkan satu mata uang saja, mata uang yang riil," kata Ahmadinejad. (ln/YN/prtv)