Obama Sarapan dengan "Bubur Kacang dan Tempe Goreng" ala Mesir

Menu sarapan Obama di KairoKunjungan Amerika Barack Obama ke Mesir banyak menyisakan sejumlah kesan, salah satu di antaranya adalah menu sarapan Obama yang disuguhkan oleh pihak pemerintahan Mesir yang terbilang sangat merakyat.

Harian Mesir as-Syuruq al-Jadid (4/6) mengabarkan, Obama bersarapan dengan menu yang sederhana, yaitu fatirah (roti), kecap tebu (asal aswad), madu, ful (bubur kacang koro tawar), tha’miyyah (‘tempe goreng ala Mesir’), aneka masakan daging dan telur, sementara minuman penutupnya hanya jus jeruk segar.

"Obama makan dengan sangat lahap," tutur salah seorang yang menghadiri jamuan sarapan Obama sebagaimana dikutip as-Syuruq al-Jadid.

Gelaran sarapan Obama bersama Presiden Mobarak berlangsung selama 40 menit. Di sela-sela sarapan, keduanya juga berbincang tentang berbagai hal.

Obama tiba di bandara Kairo pada pukul 9.00 pagi hari Kamis waktu setempat (pukul 1 siang WIB). Dari bandara, Obama langsung menuju Masjid Sultan Hasan, salah satu masjid tua yang terletak di kawasan benteng Shalahuddin al-Ayyubi (Saladin Square), di bilangan Islamic Cairo.

Setelah selesai menziarai tempat bersejarah tersebut, Obama kemudian beranjak menuju istana kepresidenan Mesir di Qasr al-Qubba, Heliopolis. Di tempat tersebut, Obama langsung disambut Presiden Mesir Husni Mobarak dan menggelar perbincangan, untuk kemudian sarapan bersama.

Dari istana kepresidenan Mesir, Obama kemudian bergerak menuju Cairo University untuk menyampaikan pesan pentingnya bagi dunia Arab dan Islam. (L2/sj/aby)