Nik Aziz : Muslim Yang Merokok Lebih Buruk Daripada Sapi

Umat Islam yang merokok dan mencoba menampilkan sosok dirinya sebagai orang yang relijius – adalah lebih buruk daripada sapi yang buang air besar di jalan, kata politisi dan  petinggi PAS pada jumat kemarin, dikatakannya juga merokok dilarang dalam ajaran Islam karena berbahaya buat kesehatan.

"Sebagai contoh, seekor sapi yang buang air besar di jalan, kita tidak akan menuntut sapi itu sebagai yang melakukan tindakan kesalahan karena sapi itu tidak punya otak dan tidak bisa berpikir," kata Tuan guru Nik Aziz yang merupakan pemimpin spritual PAS (Partai Islam Semalaysia).

"Tapi manusia, punya akal pikiran, untuk mereka melakukan sesuatu yang salah dalam agama…ketika mereka mengenakan pakaian yang mencirikan sebagai penganut Islam (hijab  atau kopiah), mereka dapat dianggap lebih buruk dari sapi," katanya dalam sebuah ceramah agama mingguan, seperti yang dilaporkan kantor berita Malaysia Bernama.

Baru-baru ini, Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa haram nya rokok. Dan Majelis Ulama Malaysia juga sudah mengeluarkan fatwa sejenis.

Walaupun sudah ada larangan merokok di Malaysia, di mana  lebih dari separuh penduduknya dari 27 juta orang adalah Islam, namun 50% laki-laki di negara itu merokok menurut data WHO.

PAS adalah salah satu dari tiga partai oposisi di Malaysia yang beraliansi dengan Anwar Ibrahim mantan wakil perdana  menteri malaysia.(fq/alarabiya)