Italia Miliki Kolam Renang Khusus Muslimah

Muslimah di wilayah utara propinsi Bergamo Italia sekarang memiliki akses khusus untuk masuk ke dalam kolam renang di mana mereka dapat berenang bebas tanpa harus menggunakan pakaian renang tradisional. Laki-laki tidak diperkenankan untuk berenang di kolam renang Siloe saat para muslimah melepaskan hijab atau cadar, mereka setiap seminggu sekali, menurut harian Italia Corriere della Sera.

Maida Ziaradi, seorang Muslimah asal Iran yang telah tinggal di Italia sejak berumur 17 tahun yang mempelopori langkah tersebut dan mengatakan banyak muslimah dari Tunisia, Iran dan Mesir termasuk muslimah Italia sendiri akan mendapat banyak manfaat dari adanya hak akses khusus muslimah di kolam renang.

"Pada awalnya beberapa muslimah masih ragu-ragu dan takut untuk masuk ke kolam renang tersebut," kata Ziaradi.

Kolam renang tersebut dimiliki oleh keuskupan Bergamo. Aturan pemisahan kolam renang khusus perempuan menurut Ziaradi dianggap bagian dari mematuhi ajaran yang ada di dalam Al-Quran.

Italia bukan negara pertama yang memperkenalkan kolam renang khusus Muslimah. Di Jerman penggunaan Burqa/Cadar boleh dikenakan di beberapa kolam renang umum, sementara itu di Australia terdapat beberapa kolam renang membuat jadwal khusus untuk Muslimah.(fq/adnkronos)