Anggota Parlemen Israel: Tak Ada Senjata Di Armada Kebebasan!


Seorang anggota Parlemen Israel (Knesset) yang mengikuti konvoi bantuan Gaza tiga hari yang lalu, menolak tuduhan bahwa armada Kebebasan membawa senjata.

Haneen Zuabi, seorang anggota senior partai Balad, berada di antara ratusan aktivis Armada Kebebasan, yang terdiri dari sembilan kapal yang mengangkut ribuan ton bantuan kemanusiaan bagi rakyat miskin atas Jalur Gaza.

Dalam komentar berikut yang dirilis di pelabuhan Asdod pada hari Rabu, Zuabi mematahkan klaim Israel bahwa kapal itu membawa senjata untuk Gerakan Perlawanan Palestina, Hamas.

"Tujuan kami adalah untuk mematahkan pengepungan Kami tidak punya rencana untuk konfrontasi. Israel melakukan operasi militer provokatif. Masalah utama Israel sebenarnya bukan kapal, tetapi pengepungan (terhadap Gaza itu sendiri)." Ujarnya.

Pada hari Senin (31/5), pasukan Israel bertindak atas perintah langsung dari Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak untuk menyerbu konvoi bantuan itu, menewaskan setidaknya 20 orang dan lebih dari 50 lainnya terluka.

Anggota Knesset itu juga mengatakan bahwa pasukan Israel juga mengabaikan sejumlah besar korban yang jatuh.

"Sudah jelas dari ukuran serangan yang dilakukan di kapal tujuannya tidak hanya berhenti untuk pelayaran ini saja, tetapi sebanyak mungkin kematian untuk menghentikan inisiatif seperti ini di masa mendatang," kata Zuabi. (sa/presstv)