Anda Keliru, Hamid Karzai! Taliban Tak Dapat Dibeli!

Satu lagi gagasan konyol yang dikeluarkan Hamid Karzai, presiden Afghanistan.

Dia mengatakan kepada BBC tentang rencananya menawarkan uang banyak dan pekerjaan untuk para mujahidin Taliban sehingga mereka akan kembali kepada kehidupan yang "normal".

Dia menawarkan Mujahidin Taliban untuk berkiprah di pemerintahannya, dan pembayaran yang diberikannya, tentu saja berasal dari "bantuan" internasional. Tidak kurang Inggris, Amerika dan Jepang akan menyokong bantuan dana yang diberikan kepada Karzai.

Selama ini, orang-orang yang anti-Taliban berpikir bahwa kelompok Mujahidin itu bisa disuap. Menurut Karzai, perang bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian dan ada perbuatan lain yang masih bisa dilakukan seperti rencana barunya.

Sebenarnya, Amerika, Inggris dan negara-negara Barat lainnya tidak setuju dengan ide itu, tapi Karzai berhasil membujuk mereka, entah bagaimana.

"Kami akan mencapai ‘perdamaian’ dengan banyak uang," katanya.

Tanggapan Taliban? Mereka hanya tertawa mencibir. Tentu, Taliban tidak akan bertahun-tahun berjuang jika hanya kemudian akan berakhir dengan segepok uang yang merupakan simbol dunia belaka. (sa/bbc)