Sepuluh Media Raksasa AS Segera Bangkrut

Hanya dalam kurun beberapa pekan belakangan ini, industri surat kabar AS pun telah ikut jatuh, menyusul resesi ekonomi global. Berturut-turut satu per satu perusahaan surat kabar AS yang besar pun tutup buku alias tidak beroperasi lagi alias bangkrut.

Perusahaan-perusahaan surat kabar itu tadinya akan memangkas saja jumlah karyawannya, namun itupun tidak cukup mengurangi pengeluaran. Berikut ini sepuluh media surat kabar di AS yang segera gulung tikar dalam waktu dekat. Menariknya, surat kabar ini masing-masing yang menguasai berbagai negara bagian di negara Paman Sam.

1. The Philadelphia Daily News. Surat kabar ini merupakan anak perusahaan dari Philadelphia Newspaper LLC yang begitu menggurita di negara bagian ini. Oplahnya mencapai 100.000 eksemplar per hari, namun tiba-tiba saja kolaps begitu saja. Iklan juga tidak banyak menolong kelangsungan Philadelphia Daily News.

2. The Minneapolis Star Tribune. Utang surat kabar ini menumpuk, dan setiap bulan mereka kehilangan asetnya 20% terus dan terus. Pada tahun 2007, mereka menghasilkan $26 miliar sebagai pemasukan bersih, dengan tiras mencapai 300.000 eksemplar, tentu bukan sesuatu yang aneh. Para kreditor surat kabar ini tak habis pikir apa yang menyebabkan Minneapolis Star Tribune bangkrut.

3. The Miami Herald. Oplah hariannya mencapai 220.000 eksemplar. Surat kabar ini masih beredar sampai Desember kemarin dan baik-baik saja, namun setelah itu perlahan mulai surut dan tak terdengar kabarnya.

4. The Detroit News. Satu dari dua surat kabar besar di AS, namun yang paling cepat sekarat dengan adanya resesi ekonomi. Bahkan para ahli ekonomi AS memprediksikan, surat kabar ini tak lagi mempunyai dana untuk membayar pesangon karyawannnya.

5. The Boston Globe. Setiap pekan menderita rugi sampai $1 juta. Boston Globe merupakan anak perusahaan New York Times, namun sejak akhir tahun lalu, kebangkrutan surat kabar ini sudah diprediksi.

6. The San Francisco Chronicle. Tahun lalu, surat kabar ini kehilangan $70 juta dari pelanggan dan klien iklannya. Perusahaan surat kabar ini sudah tak bisa lagi menurunkan cost pengeluarannya.

7. The Chicago Sun-Times. Surat kabar ini tak mampu bersaing dengan Chicago Tribune, bahkan setelah harga jualnya diturunkan di pasaran. CEO dan Dewan Redaksinya sudah didepak oleh pemiliknya.

8. The New York Daily News. Salah satu surat kabar terbesar di New York, terutama dalam sirkulasi dan jangkauan iklannya. Kerugiannya mencapai $60 sampai %70 juta, dan dengan jumlah sebesar ini, New York Daily Times sulit untuk tetap bertahan.

9. The Fort Worth Star-Telegram. Beredar di Dallas, dan menjadi salah satu perusahaan surat kabar terbesar di negara bagian ini. Star Telegram mempunyai oplah sampai 200.000 eksemplar per harinya. Dalam beberapa pekan ke depan tampaknya akan segera ditutup.

10. The Cleveland Plain Dealer. Dibanding surat kabar yang lainnya, Cleveland Plain Dealer memang paling kecil. Induk perusahaannya sudah menyerah untuk terus membiayai surat kabar ini.

(sa/tm)